Jokowi: Masa Depan Ekonomi Indonesia di Tangan Millennials

Ide-ide millennials mengubah dunia


   Masa depan ekonomi Indonesia ada di tangan millennials. Presiden Joko "Jokowi" Widodo mendukung anak-anak muda yang ingin menjadi wirausahawan baru.
Hal itu dia sampaikan saat membacakan Pidato Kenegaraan di Sidang Bersama DPR dan DPD, Selasa (16/8). Begini kata Presiden Jokowi:  

1. Ide-ide millennials yang mengubah dunia

Jokowi: Masa Depan Ekonomi Indonesia di Tangan MillennialsUnsplash/rawpixel
Jokowi memberi apresiasi kepada generasi millennial yang mendirikan usaha. "Sekarang banyak sekali anak-anak muda yang ingin menjadi wirausahawan baru," kata Jokowi. 
Uniknya, jenis-jenis usaha baru yang mereka cetuskan tidak terpikirkan oleh generasi-generasi sebelumnya. "Mereka mendirikan berbagai start-up dengan ide-ide yang dapat mengubah dunia," imbuh Jokowi. 
Tak hanya itu, Jokowi juga melihat banyak anak muda yang memiliki tujuan mulia dengan mendirikan wirausaha sosial. Jenis usaha ini, imbuhnya, memadukan keahlian berusaha dengan ketulusan hati membantu sesama manusia. 
"Itulah yang ditunjukkan oleh para wirausahawan sosial yang mempekerjakan kelompok difabel, yang mendirikan bank sampah, yang menjaga kelestarian hayati Indonesia," kata Jokowi. 
Jokowi menyatakan dukungannya atas apa yang mereka lakukan telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang."
Maka dari itu, energi serta semangat kemajuan generasi muda dan rakyat Indonesia harus terus kita dukung. Keinginan luar biasa masyarakat Indonesia untuk menjadi wirausahawan-wirausahawan baru harus diberi daya untuk tumbuh dan berkembang," jelas Jokowi

2. Revolusi Industri 4.0

Jokowi: Masa Depan Ekonomi Indonesia di Tangan MillennialsWikipedia/Christoph Roser at AllAboutLean.com
Ke depan, Indonesia akan menghadapi berbagai tantangan besar, seperti Revolusi Industri 4.0. "Kita harus bisa bicara tentang Artificial Intelligence, Internet of Things, dan berbagai kemajuan teknologi yang hampir setiap detik selalu muncul yang baru," kata Jokowi.
Dia menegaskan, Revolusi Industri 4.0 sudah mulai mengubah wajah peradaban manusia. Oleh karena itu, Indonesia harus cepat beradaptasi dan tidak boleh tertinggal dari negara-negara lain yang sedang berlomba dan adu kecepatan. 
"Dalam menghadapi dan menyikapi perubahan peradaban manusia itu, tidak bisa kita lakukan dengan pesimisme dan kekhawatiran yang berlebih. Kita justru harus optimis dan yakin bahwa modal sosial dan energi kebangsaan kita kuat untuk melompat ke depan," kata dia.

3. Santri menangkan kontes Robotic Games

Jokowi: Masa Depan Ekonomi Indonesia di Tangan MillennialsANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Secara khusus, Jokowi menyebut prestasi empat santri. "Mereka memenangkan kontes Robotic Games tingkat dunia di akhir tahun lalu," kata Jokowi. Prestasi keempat santri itu, kata dia, adalah bukti bahwa Indonesia tidak perlu takut dengan Revolusi Industri 4.0, tidak perlu khawatir terhadap masa depan. Kita justru harus memanfaatkan perkembangan yang ada untuk membawa Indonesia semakin maju. Kita harus gesit dan cepat memanfaatkan kesempatan yang ada di depan mata. 

Share:

Recent Posts